cover
Contact Name
Nanang Fakhrur Rozi
Contact Email
nanang@itats.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
wiwikwidyo@yahoo.co.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK)
ISSN : -     EISSN : 26207745     DOI : -
Core Subject : Education,
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK), diterbitkan secara daring (online), setahun 2 (dua) kali pada bulan Mei dan November oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Jurnal ini memuat publikasi hasil pengabdian, pemberdayaan, serta penerapan IPTEK kepada masyarakat
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2022)" : 11 Documents clear
Pendampingan Digitalisasi Usaha Koperasi Unit Desa Sedya Mulya Bojonegoro Berbasis Web Teguh Soedarto; Firza Prima Aditiawan; Gusti Eka Yuliastuti
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i2.3411

Abstract

Kabupaten Bojonegoro juga dikenal dengan potensi lahan pertanian yang cukup luas sehingga Kabupaten Bojonegoro menjadi lumbung pangan untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Dengan tingginya produksi beras di Kabupaten Bojonegoro, tentunya harus diimbangi dengan pengelolaan yang baik. Dalam hal ini, pemasaran beras masih menggunakan cara konvensional, yakni petani menjual hasil pertanian ke perantara. Cara konvensional tersebut memiliki permasalahan, yakni kurang meluasnya penyebaran informasi, termasuk pemasaran produk, sehingga perlu dilakukan upaya agar hasil produksi pertanian lebih menjangkau pasar yang luas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan digitalisasi usaha Koperasi Unit Desa (KUD) Sedya Mulya. Digitalisasi yang dimaksud ialah mengubah metode pemasaran konvensional menjadi digital berbasis internet berupa website. Tujuan dari dilakukannya digitalisasi itu yakni untuk meningkatkan daya saing pemasaran produk, kemasan, serta promosi.
Strategi Peningkatan Daya Saing Batik Tulis Kamsatun di Desa Jetis, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dengan Implementasi Peralatan Ergonomi dan Pengolah Limbah Portable Ida Kusnawati Tjahjani; Prakrisno Satrio; Evi Yuliawati
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i2.3593

Abstract

Jetis merupakan suatu desa di Kabupaten Sidoarjo yang terkenal dengan sebutan “Kampoeng Batik” setelah diresmikan Bupati Sidoarjo tanggal 3 Mei 2008 sehingga konsumennya berkembang dari berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut memotivasi para perajin untuk berinovasi tiada henti memunculkan motif baru agar sesuai permintaan pasar, khususnya kaum milenial. Namun, para perajin masih harus berjuang mempertahankan daya saing yang dimiliki di tengah masalah yang dialaminya. Terdapat dua masalah yang terjadi pada mitra kami, yakni terkait dengan: (1) bidang produksi, yaitu tidak ergonomisnya beberapa peralatan membatik sehingga perajin cepat lelah dan dikhawatirkan mengalami cedera, meliputi: meja pengeblat pola, kursi pembatik, kursi mencanting, dan tidak adanya alat pengolah limbah yang sesuai ketentuan sehingga perajin langsung membuang air ke sungai atau selokan yang dapat mencemari lingkungan; serta (2) bidang manajemen yang terkait dengan kemampuan manajerial, daya inovasi pembatik, dan perubahan selera masyarakat. Oleh karena itu, mitra memerlukan inovasi beberapa peralatan membatik agar lebih ergonomis dan alat pengelolaan limbah cair portable serta workshop dan pelatihan tentang kemampuan manajerial, pentingnya pengawasan dalam produksi, dan tambahan wawasan tentang tren batik yang sedang diminati pasar sebagai strategi peningkatan daya saingnya.
Perancangan dan Pembuatan Alat Mesin Penetas Otomatis untuk Kelompok Peternak Ayam KUB di Blitar Martinus Edy Sianto; Hadi Santosa; Julius Mulyono; Ivan Gunawan; Yuliati Yuliati
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i2.2148

Abstract

Blitar merupakan salah satu sentra penghasil ayam pedaging dan ayam petelur di Indonesia. Ketidakstabilan harga daging dan telur ayam yang dibudidayakan saat ini membuat peternak melirik potensi ayam KUB (Kampung Unggul Balitnak) yang harganya lebih stabil. Meskipun ayam KUB memiliki usia pemanenan lebih panjang,  ayam KUB  lebih tahan penyakit dan memiliki tingkat produksi telur yang tinggi, mencapai 70%. Telur ayam KUB juga dapat ditetaskan untuk dijadikan indukan yang baru karena telur yang dihasilkan merupakan hasil perkawinan dengan pejantan. Dengan demikian, peternak tidak tergantung pada perusahaan besar untuk ketersediaan anak ayam/day-old chicken (DOC). Namun, karena belum banyak yang membudidayakan jenis ayam ini; telur, DOC, pejantan, dan indukan belum banyak tersedia di pasaran. Peternak harus melakukan seleksi mandiri untuk mendapatkan indukan baru. Untuk meningkatkan produktivitas, telur yang memenuhi syarat perlu ditetaskan dengan menggunakan mesin penetas. Saat ini, peternak yang ingin menetaskan telurnya harus menitipkan telur di tempat penetasan bebek yang lokasinya jauh dan hanya bisa dilakukan jika ada kapasitas yang tidak terpakai. Biaya untuk menetaskan telur pun mencapai Rp1.700,00 per telur yang menetas. Mitra sangat memerlukan mesin penetas telur sendiri untuk menghindari ketergantungan terhadap peternak lain. Di samping itu, saat ini, pembentukan paguyuban peternak ayam KUB sedang dirintis yang anggotanya sebagian besar adalah peternak pemula. Keberadaan mesin penetas akan sangat efektif bagi peternak ayam KUB jika mesin penetas dikelola oleh paguyuban. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ialah merancang dan membuat alat penetas telur berteknologi tepat guna yang mudah dioperasikan dan mudah dipelihara.
Pendampingan UMKM Binaan Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita Surabaya Menuju Sertifikasi Halal Daril Ridho Zuchrillah; Saidah Altway; Achmad Dwitama Karisma; Elly Agustiani; Suprapto Suprapto
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i2.2346

Abstract

Sejak lama Negara Indonesia memiliki potensi besar dalam industri halal karena mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Langkah pemerintah Indonesia semakin jelas terlihat dengan diberlakukannya UU No. 33 tahun 2014 dan PP No. 31 tahun 2019 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yang mengatur perubahan sistem prosedur dan registrasi sertifikasi halal dari bersifat sukarela menjadi wajib sejak 17 Oktober 2019. Hal tersebut berdampak pada seluruh pelaku usaha. Tak terkecuali pelaku UMKM binaan dari Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita Surabaya. Koperasi Wanita yang berdiri sejak 1975 telah memiliki 13.615 anggota dan ratusan binaan UMKM. Pelaku UMKM binaan Kopwan SBW belum mengetahui pentingnya sertifikasi halal dan prosedural pendaftarannya. Oleh karena itu, peran perguruan tinggi hadir dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mendampingi para UMKM binaan Kopwan SBW mengurus sertifikasi halal. Terdapat 4 strategi kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini. Strategi yang pertama yaitu berdiskusi dalam rangka menyampaikan ide gagasan jangka pendek dan Panjang kepada pengurus Koperasi Wanita Setia Bhakti Wanita Surabaya. Strategi selanjutnya adalah mendaftarkan para UMKM binaan dalam pelatihan Kader Penggerak Halal (KPH) yang dilaksanakan kolektif oleh Pusat Kajian Halal ITS. Setelah itu melakukan visitasi dan pendampingan langsung kepada masing-masing UMKM binaan dan strategi yang terakhir adalah pemetaan binaan UMKM dalam mengikuti program bimbingan teknis audit halal atau program sertifikasi halal gratis (SEHATI). Harapan dari pengabdian masyarakat ini adalah dapat memberdayakan para binaan UMKM untuk bersaing produk halal di industri halal dalam skala internasional.
Entrepreneurship dan Adherence Antiretroviral Treatment (Entrence ARV) Melalui Pemberdayaan ODHA dengan Menggunakan Modul Digital di Puskesmas Batujajar, Kabupaten Bandung Barat Ami Kamila; Sarah Sentika; Sisilia Dwina Islamiati
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i2.2301

Abstract

Secara psikis, Orang yang hidup Dengan HIV/AIDS (ODHA) akan mengalami self-stigma. Mereka yang hidup dengan HIV/AIDS akan membatasi diri dengan lingkungan sosialnya. Mereka tertekan secara psikis dan sosial akibat stigma tersebut. Secara sosial, ODHA cenderung mendapatkan diskriminasi dalam berbagai cara dari lingkungan sekitar. Hal ini juga berpengaruh pada kapasitas mereka untuk mendapatkan pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan yang layak, bahkan menghambat akses ke pelayanan kesehatan. Sementara itu, ODHA perlu mendapatkan pengobatan ARV yang harus dikonsumsi setiap hari, dikenal dengan nama Kepatuhan Pengobatan ARV (Adherence ARV Treatment). Kondisi ini diperburuk dengan pembatasan sosial masa pandemi COVID-19 yang semua kegiatannya dilakukan secara online. Bahkan, ada beberapa yang memutuskan untuk berwirausaha secara mandiri karena diberhentikan. Pendampingan pada 15 peserta yang merupakan ODHA dilakukan secara tatap muka dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah menggunakan media Modul Digital Kepatuhan Pengobatan ARV dan Entrepreneurship serta video. Pra dan pasca-tes diberikan untuk mengukur efektivitas modul digital pada peningkatan pengetahuan yang diberikan secara online dengan menggunakan Google Form. Uji statistik dengan menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang signifikan (p0,005) dengan rata-rata hasil pra-tes 68,1 dan pasca-tes 79,7. Modul digital merupakan salah satu cara yang dapat dijadikan sebagai media dalam memberikan edukasi yang efektif, baik dilakukan secara online maupun tatap muka. Pendampingan yang berkelanjutan diharapkan dapat dilaksanakan sebagai model edukasi komprehensif dengan menggunakan berbagai media yang efektif untuk meningkatkan kualitas hidup ODHA.
Pelatihan Pembuatan Nutrisi Organik Sebagai Solusi Pengelolaan Limbah Pertanian dan Potensi Perekonomian Masyarakat Maroeto Maroeto; Rossyda Priyadarshini; Dewi Puspa Arum
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i2.2089

Abstract

Kebutuhan mendesak yang dihadapi oleh masyarakat tani Desa Wonoploso, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto adalah ketersediaan pupuk padahal pupuk organik diperlukan untuk membantu pemulihan kesuburan tanah. Tim Abdimas UPN “Veteran” Jawa Timur berupaya merekayasa sosial masyarakat dengan langkah menginisiasi pembuatan nutrisi organik yang bertujuan untuk menambah unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman untuk memacu pertumbuhan tanaman secara optimal, terutama pada penanaman sistem intensif sekaligus tindakan pengelolaan limbah pertanian dan peningkatan perekonomian masyarakat Desa Wonoploso, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan, dapat diketahui bahwa pelatihan yang diikuti oleh sebagian besar anggota kelompok tani dapat berjalan sesuai dengan harapan dan target yang ditetapkan, yaitu peserta mampu mempraktikkan pembuatan nutrisi organik cair dari proses penyiapan bahan, proses pembuatan, dan pengemasan. Selain itu, dapat diketahui penerimaan usaha sebesar Rp626.500. Dengan demikian, pembuatan nutrisi organik cair memiliki potensi ekonomi yang menguntungkan bagi petani maupun masyarakat di sekitar lokasi pengabdian masyarakat.
Analisis Penerapan Teknologi Augmented Reality sebagai Strategi Pemasaran IKEA Ida Ayu Pradnya Sasmita; Putu Purnama Dewi
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i2.2048

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan teknologi augmented reality sebagai media pendukung strategi pemasaran perusahaan IKEA. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan di berbagai bidang. Ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami perkembangan seiring dengan pesatnya kebutuhan masyarakat. Salah satu dampak yang ditimbulkan dengan berkembangnya teknologi adalah terjadinya perubahan perilaku di masyarakat, seperti bergesernya budaya belanja masyarakat dari konsep tradisional yang perlahan mulai ditinggalkan dan beralih ke konsep belanja online. Hal ini menyebabkan IKEA mulai mendigitalkan dan membuka toko online melalui website dan aplikasi. Perkembangan teknologi juga memengaruhi dan membantu meningkatkan perkembangan bidang pemasaran. Inovasi baru terus bermunculan, salah satunya adalah penggunaan augmented reality di aplikasi IKEA. Augmented reality merupakan teknologi yang menggunakan sebuah teknik yang menggabungkan benda maya dua maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkup nyata tiga dimensi lalu menampilkan gambar benda maya tersebut dalam waktu nyata dengan realitas virtual melalui bantuan ponsel pintar. Konsumen dapat melihat produk yang diinginkan secara real time melalui aplikasi di ponsel pengguna. Salah satu inovasi dalam penggunaan augmented reality sebagai strategi pemasaran juga telah membuahkan hasil. IKEA melakasanakan proses digitalisasi layanannya untuk dapat menarik konsumen baru. Adapun hasil yang diperoleh yaitu terdapat dampak positif yang besar setelah IKEA meluncurkan toko online dan mengembangkan aplikasi yang didukung oleh penerapan augmented reality.
Optimalisasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Menuju Kalanganyar sebagai Desa Digital M. Husni Tamrin; Sri Umiyati; Deasy Arieffiani; Lunariana Lubis; Arie Ambarwati; Zainal Abidin Achmad
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i2.3612

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pelayanan publik dengan memanfaatkan sistem informasi menuju desa digital. Kebutuhan masyarakat tentang kualitas pelayanan publik yang efektif dan efisien menjadi sebuah keniscayaan. Pemerintah Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo sebagai bagian dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo telah menerapkan pelayanan berbasis digital yang dinamakan SIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo) sesuai dengan Surat Edaran Bupati Sidoarjo tentang kewajiban bagi seluruh desa untuk memanfaatkan aplikasi tersebut. Akan tetapi, partisipasi dan pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan SIPRAJA masih rendah sehingga aplikasi hanya dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat saja. Metode pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahapan pelaksanaan, yaitu brainstorming, sosialisasi, dan pendampingan. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini, pemerintah desa memahami tentang pentingnya peningkatan kualitas pelayanan publik. Selanjutnya, pemerintah desa juga berhasil memberikan arahan dan meningkatkan jumlah partisipasi masyarakat dalam pemanfaatan aplikasi SIPRAJA. Dengan demikian, pelayanan publik di Desa Kalanganyar dapat berjalan secara optimal dengan memanfaatkan aplikasi tersebut.
Front & Back Matter Vol. 6 No. 2 Redaksi JPP IPTEK
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Edukasi dan Pendampingan Pengolahan Limbah Rumah Tangga untuk Meningkatkan Keterampilan Sumber Daya Masyarakat di Kampung Edukasi Sampah, Sekardangan, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo Yustia Wulandari Mirzayanti; Wiwik Widyo Widjajanti; Evi Yuliawati; Syamsuri Syamsuri; Heri Irawan
JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian dan Penerapan IPTEK) Vol 6, No 2 (2022)
Publisher : LPPM ITATS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31284/j.jpp-iptek.2022.v6i2.3595

Abstract

Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah untuk membantu mitra dalam upaya peningkatan pelayanan fasilitas masyarakat dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) pada mitra. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Pengabdian pada Program Kemitraan Masyarakat dengan judul Edukasi dan Pendampingan Pengolahan Limbah Rumah Tangga untuk Meningkatkan Keterampilan Sumber Daya Masyarakat di Kampung Edukasi Sampah, Sekardangan, Kec. Sidoarjo, Kab. Sidoarjo. Lokasi mitra berjarak sekitar 30 km dari Kampus Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar kurang lebih satu jam dari Kampus ITATS. Permasalahan prioritas mitra adalah: (1) peningkatan fasilitas pelayanan pada pengolahan air limbah rumah tangga, (2) peningkatan fasilitas pelayanan pada pengolahan sampah plastik, (3) perluasan jangkauan jaringan perpustakaan digital, dan (4) peningkatan keterampilan pada SDM mitra. Solusi yang diberikan oleh Tim Pengusul kepada mitra adalah: (1) memberikan teknologi instalasi pengolahan air limbah (IPAL) rumah tangga, (2) memberikan teknologi pengolahan daur ulang limbah atau sampah plastik, (3) memberikan teknologi perluasan jangkauan jaringan untuk menambah fasilitas perpustakaan digital, dan (4) memberikan pelatihan serta pendampingan terkait pengolahan air limbah rumah tangga, pengolahan sampah plastik, dan pelatihan serta pendampingan dalam upaya meningkatkan keterampilan SDM mitra terkait pengolahan air limbah rumah tangga untuk efisiensi penggunaan air, pengolahan daur ulang sampah plastik, perluasan jangkauan jaringan, dan pemilihan saluran internet yang sesuai dengan usia anak-anak yang mendukung perpustakaan digital. Program PKM ini dapat meningkatkan fasilitas pelayanan bagi masyarakat mitra yang dulunya belum ada.

Page 1 of 2 | Total Record : 11